Selasa, 22 Oktober 2013

PENGERTIAN,FUNGSI DAN SPESIFIKASI



Processors/CPU

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  • Control Unit (CU)
  • Memory Unit (MU)

Memori/RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
Data yang ada di RAM bisa diakses jauh lebih cepat daripada yang ada di hardisk, untuk DDR2 SDRAM saja bisa lebih cepat 40 sampai 100 kali dibanding akses ke hardisk, dan untuk jenis DDR3 bisa 100 sampai 300 kali lebih cepat dibanding akses ke hardisk ( sebagai gambaran, akses Hardisk SATA dalam dunia nyata sekitar 80-100 MB/s sedangkan USB 2.0 antara 10MB/s sampai 20 MB/s).
DDR, DDR2, dan DDR3
Saat ini kebanyakan komputer sudah menggunakan Memory jenis DDR3 ( sebagian lagi jenis DDR2). Sebelum tahun 2002, mungkin masih cukup banyak komputer yang menggunakan memory jenis Single Data Rate (SDR) SDRAM. Tetapi setelah itu, penggunaannya mulai digantikan oleh Double Data Rate (DDR), mulai dari DDR (DDR1), DDR2 dan sekarang yang banyak beredar adalah DDR3. DDR secara teori mampu melakukan transfer rate 2X lebih cepat daripada SDRAM.
Masing-masing jenis merupakan pengembangan dari sebelumnya dan versi terbaru umumnya mempunyai data rate yang lebih tinggi dan memerlukan daya yang lebih rendah. DDR2 secara teori mempunyai data rate 2x dengan spesifikasi yang sama dibanding DDR (DDR1). DDR3 juga mempunyai keunggulan dibanding DDR2, seperti bandwidth yang lebih tinggi, latensi yang lebih unggul, performa yang lebih tinggi pada power/daya yg lebih kecil, dan lebih bagus untuk perangkat low-power seperti laptop

Motherboard

motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo. Pengertian lain dari Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.
Fungsi motherboard sebagai pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya

Spesifikasi yang harus diperhatikan pada motherboard adalah:
a. Jenis Slot/ Socket Prosessor,
Jenis konektor prosessor (slot/socket) menentukan jenis prosessor yang dapat digunakan dan batasan upgrade dari prosessor. Contoh Socket 478 dapat dipakai untuk semua prosessor kelas Pentium 4 dan Celeron 4 dengan FSB 400, 533 dan 800 Mhz.

b.Chipset motherboard
Pilih motherboard dengan chipset terbaru yang mendukung memori SDRAM DIMM atau RDRAM RIMM, AGP slot 4X minimal dan harddisk ATA 100 minimal.

c.Jenis dan kapasitas slot memory
Slot jenis DDR DIMM atau RIMM adalan pilihan yang terbaik karena mendukung kapasitas memori lebih besar. Untuk kecepatan, memori terbaik adalah DDR SDRAM atau RDRAM, tetapi RDRAM lebih mahal.

d.Slot ekspansi
Perhatikan jenis dan jumlah slot ekspansi yang tersedia, seperti PCI bus minimal tipe 2.1, AGP bus 4 X support (minimum) dan ISA bus. Sesuaikan slot ekspansi dengan card adapter yang akan dipasang. Sebaiknya masih tersisa slot kosong untuk memasang card adapter yang mungkin diperlukan.

e.Port I/O
Periksa jenis dan jumlah port I/O yang tersedia seperti USB, firewire, serial dan parallel port. Sesuaikan dengan kebutuhan piranti eksternal.

f.Feature
Motherboard berkualitas baik akan diilengkapi dengan feature Power Management ACPI untuk efisiensi penggunaan daya listrik dan PnP System (Plug and Play) yakni instalasi otomatis piranti eksternal.


Hard Drive
Harddisk drive atau HDD adalah Multi-Disk permanen yang ditanam (dipasang) di dalam CPU dan berfungsi menyimpan semua OS (Windows, dll), file, program, data, foto, lagu, video, dll. Ini menggantikan disket (jaman lampau) dan mewakili cd/dvd untuk mempercepat proses baca/tulis komputer. Apapun media yang lain bisa dicopy ke HDD.
Floppy Drive adalah drive/mesin/hardware pembaca disket (jaman dahulu), sudah tidak dipakai dijaman sekarang. Sebagai gantinya bisa pakai Flashdisk, Memory Card seperti SD, mini SD, mikro SD, dll.
Optical drive adalah drive pembaca CD dan DVD, misalnya CD atau DVD ROM/RW. Yang terbaru bisa membaca semua jenis CD atau DVD. Ada yang bisa di rekam ulang, ada juga yang hanya sekali pakai (rekam).
HDD hampir seperti CD tetapi permanen, jumlah kepingnya lebih dari 1, dibaca di kedua sisi, lebih besar kapasitasnya dan bisa di rekam/hapus ulang, tapi tidak menggunakan optik (laser) melainkan menggunakan magnetik (seperti head & pita kaset)


HDD memiliki satuan hitung kapasitas yang disebut Byte, dapat diilustrasikan 1000 Kb(Kilo byte) =  1Mb(Mega byte, 1000Mb = 1 Gb (Giga Byte), semakin besar ukuran kapasitas byte semakin besar ruang HDD, semakin besar ruang HDD semakin banyak data yg ditampung. HDD memiliki ruang terkecil yg disebut Sector, dimana boot sector ini merupakan lokasi paling kritis, ketika ruang sector rusak (bad sector) maka data dalam hardisk terancam untuk tidak dapat diakses/ dibaca. Pada perkembangannya type hardisk ada 2 macam, yaitu Hardisk IDE atau ata, dan Hardisk type Sata. Yang membedakan keduanya yaitu socket penghubung. Hardisk tipe ata dgn menggunakan kabel IDE sementara sata menggunakan kabel sata yg lebih kecil disbanding IDE. Juga terdapat perbedaan kecepatan RPM atau kecepatan transfer data dimana sata lebih cepat disbanding IDE


Network Card

Kartu Jaringan atau disebut dengan istilah NIC (Network Interface Card) atau LAN Card atau Etherned Card merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer. Kebanyakan Kartu Jaringan berjenis kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.
Fungsi Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan
Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan memiliki dua fungsi utama , yaitu:
  1. Peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer.
  2.Peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik.


1. PCI Adapter
PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang pada awalnya didesign untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang dipakai dalam system komputer IBM. Dirilis pertama kali tahun 1992 dan masih banyak dipakai sampai sekarang ini untuk komputer desktop yang mempunyai slot PCI tentunya. Dari jenis adapter jaringan ada dua macam pemakaian yaitu yang untuk adapter jaringan kabel dan untuk adapter jaringan wireless atau jaringan nirkabel. Gambar berikut menunjukkan slot PCI pada motherboard komputer dan kartu jaringan PCI untuk LAN dan untuk wireless.

2. USB Adapter
USB (Universal Serial Bus) adalah standard Bus serial yang mempunyai design asimmetris dan di design sebagai slot yang sangat praktis untuk menghilangkan perlunya tambahan slot PCI pada komputer. USB mempunyai kemampuan PnP (Plug and Play – pasang dan mainkan) sehingga saat dipasang di komputer tidak memerlukan suatu reboot komputer. Kartu jaringan wireless USB, yang banyak dipakai karena sifatnya yang praktis dan banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless. Tidak ada kartu jaringan LAN yang memakai slot USB kecuali yang dari jenis wireless.

3. CardBus /PCMCIA
Kartu jaringan Cardbus atau PCMCIA yang dipakai pada slot Cardbus atau PCMCIA dari notebook. Kartu jaringan dari jenis Cardbus ini lebih banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless juga, walaupun pada awalnya banyak diproduksi adapter LAN dengan speed 10 Mbps di era laptop jaman dulu yang tidak dilengkapi dengan kartu jaringan onboard,sekarang sudah tidak ada lagi di

4. ExpressCard
kartu jaringan dari jenis ExpressCard adalah jenis baru yang mulai banyak diadopsi oleh notebook belakangan ini mulai akhir tahun 2006-an. Keuntungan utama dari technology ExpressCard dibanding CardBus adalah peningkatan bandwidth yang sangat dramatis dibanding technology Cardbus. Kenapa begitu? Kartu jaringan ExpressCard mempunyai koneksi langsung kepada system bus melalui suatu jalur X1 Express PCI dan USB 2.0, sedangkan Cardbus menggunakan controller interface yang hanya memakai interface PCI.

ExpressCard mempunyai kapasitas keluaran bandwidth maksimum sampai 2,5 Gigabit per second melalui PCI Express dan keluaran dari USB 2.0 sampai 480 Mbps khusus untuk masing-2 slot ExpressCard. Sementara untuk Cardbus menggunakan share bus dengan keluaran maksimum sampai 1,06 Gigabits per second saja secara sharing bersama-sama. Sementara itu, power yang dipakai hampir separuh (1.5 V dan 3.3 V) dari power yang dipakai Cardbus (3.3 V dan 5.0 V).

Disamping untuk wireless-N ExpressCard adapter, jenis kartu jaringan ExpressCard ini juga ada yang digunakan untuk ExpressCard Gigabit LAN adapter dengan konektor RJ-45. Dengan kartu jaringan ExpressCard LAN ini memungkinkan anda melakukan koneksi ke jaringan Gigabit Switch dengan stabilitas yang ultra-solid pada kecepatan tinggi. Sangat bagus untuk activitas yang membutuhkan bandwidth berlebihan seperti media high definition (HD media), publishing media berkualitas tinggi, jaringan berkapasitas tinggi, data sharing maupun database.

Hampir semua komputer desktop maupun notebook sudah dilengkapi dengan adapter kartu jaringan, khusus untuk laptop atau notebook disamping dilengkapi adapter onboard NIC, mereka juga sudah dilengkapi dengan Wi-Fi baik yang berbasis 802.11B/G maupun yang seri terbaru sudah dilengkapi dengan Wi-Fi berbasis 802.11N yang juga compatible dengan 802.11B/G.

5. PCI Express USB 3.0 Adapter
Sejak 2006, sudah mulai banyak produk computer yang melengkapi motherboardnya dengan PCIexpress dengan tersedianya slot PCIe. Sekarang ini banyak produk yang memanfa’atkan slot PCIe ini antara lain USB port PCI Express adapter. PCIe adapter ini mengusung port USB 3.0 SuperSpeed. Lihat juga mengenal lebih dekat USB 3.0.

Salah contoh dari adapter PCIe USB 3.0 ini adalah TRENDnet 2-Port USB 3.0 PCI Express Adapter TU3-H2PIE. USB 3.0 ini PCI adapter ini mempunyai 2 port type A yang bisa digunakan pada komputer yang mempunyai slot PCI Express. Adapter ini dilengkapi dengan konektor power dari PC 4-pin untuk memberikan kekuatan power kepada perangkat USB yang terhubung kepada USB portnya. Kecepatan data transfer sungguh luar biasa sampai 5 Gbps lebih dari 10 kali lipat kecepatan transfer rate dari USB 2.0 yang hanya sampai 480 Mbps. Tentunya port USB ini bisa dipakai juga (compatible) dengan perangkat USB type 2.0. Tentunya kalau dpakai pada perangkat USB 2.0 kecepatannya yach mengikuti jenis USB 2.0. Jadi kecepatan transfer rate bisa maksimum jika menggunakan perangkat USB 3.0 juga misal external Hard disk dari Iomega eGo 2 TB USB 3.0.

Masih ada satu lagi, mini PCI-Express card wireless adapter. Adapter ini biasa diselipkan di slot mini PCI di laptop yang umum digunakan pada kebanyakan laptop untuk Wi-Fi adapter nya. Jenis ini tidak umum buat user karena harus membongkar laptop yang tidak mungkin dilakukan oleh user kebanyakan.

Graphics

Computer Graphics : Pengolahan data dan penyajian hasil dalam bentuk grafis/gambar, bisa berbentuk diagram (chart), gambar (image), foto, lukisan (paint). Alat bantu berupa mouse, scanner, light pen dan papan plot.
VGA (Video Graphics Accelerator) card adalah salah satu komponen komputer yang mutlak harus ada. Fungsinya mengolah data graphis untuk ditampilkan di layar monitor. Sebetulnya VGA card merupakan satu unit “komputer mini” karena komponen ini memiliki sebuah prosesor (disebut GPU alias Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.

Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.

 
Peripheral

Peripheral adalah sebuah perangkat keras yang ditambahkan pada komputer dengan tujuan untuk mengembangkan atau meningkatkan kinerja suatu komputer. Secara khusus istilahperipheral digunakan untuk perangkat yang hanya digunakan sebagai pilihan saja, bukan sebagai perangkat keras yang wajib ada pada komputer. Artinya jika perangkat tersebut(peripheral) tidak digunakan maka komputer sudah dapat berjalan dan dapat digunakan, hanya saja kemampuan komputer akan terasa kurang sempurna.
Peripheral terbagi menjadi 2 bagian :
1. Peripheral Utama : yaitu peripheral yang harus ada dalam pengoprasian komputer. contohnya yaitu : mouse, keyboard, dan monitor.
2. Peripheral Pendukung : Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.



PERBEDAAN LAPTOP Acer Aspire One725 dengan laptop hp
Ø  Laptop Acer Aspire One725
-Nama CPU : AMD C-70
-Speed CPU : Bus speed  100,9 MHz, Stock Core Speed 1000 MHz, Stock Bus Speed 100 MHz
-Memory/RAM : 2048 Mbytes
-Motherboard : Chipset vinder AMD, Chipset model A40/A50 Series FCH, Chipset revision 00. Slot type PCI-E x16, Slot usage available. Southbridge vendor AMD, Southbridge model A55/A60M, Southbridge revision 11.
-Hard Drive : Power on time 22,0 days, Speed 5400 RPM, Capacity 298 GB.
-Network Card : Connect Retries 5, Connect timeout 60.000
-Graphics :Current resolution 1366x768 pixels, Monitor width 1366,Monitor height 768, -Monitor BPP 32 bits per pixel, Monitor frequency 60 Hz.
-Peripherals : Standars PS/2 Keyboard, PS/2 Compatible Mouse, USB Video Device, Printers Canon MP230 series Printer dan Canon MP230 series Printer XPS


Ø  Laptop hp
-Nama CPU : Intel Core I3/i5/i7
-Speed CPU : Bus speed  99,8 MHz, Stock Core Speed 1800 MHz, Stock Bus Speed 100 MHz
-Memory/RAM : 2048 Mbytes
-Motherboard : Chipset vinder intel, Chipset model ivy bridge, Chipset revision 09. Slot type PCI-E*16, Slot usage available. Southbridge vendor intel, Southbridge model ID1E5E, Southbridge revision 04.
-Hard Drive : Power on time 3.4 days, Speed 5400 RPM, Capacity 298 GB.
-Network Card : Connect Retries 5, Connect timeout 60.000
-Graphics :Current resolution 1366*768 pixels, Monitor width 1366,Monitor height 768, ---Monitor BPP 32 bits per pixel, Monitor frequency 60 Hz.
-Peripherals : Standars PS/2 Keyboard, PS/2 Compatible Mouse, USB Video Device, Printers Canon iP2700 series

Ø  Kesimpulan
dari penjelasan di atas dapat disimpulan bahwa
1.       speed CPU laptop acer lebih cepat dibandingkan laptop hp, tetapi Stock Core Speed hp lebih besar dari acer
2.       untuk kapasitas memory sama besar.
3.        Untuk hard drives speed dan capacity laptop acer dan laptop hp sama tetapi yang berbeda hanya power on time.
4.        Motherboard perbedaannya terletak pada chipsetnya dan southbridgenya
5.        Network cardnya  memiliki kesamaan
6.        Graphics, perbedaan pada graphich terletak pada printernya kalau acer aspirene one dapat menggunakan printer Canon MP230 series Printer dan Canon MP230 series Printer XPS sedangkan laptop hp hanya dapat menggunakan printer Canon iP2700 series
7.       peripherals memiliki banyak kesamaan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar