Kamis, 03 Oktober 2013

CARA MENGINSTAL WINDOWS MENGGUNAKAN VIRTUAL BOX

CARA INSTALASI WINDOWS MENGGUNAKAN VIRTUAL BOX

       Dalam instalasi windows kali ini kita menggunanakan oracle VM windows. Hal ini dikarenakan instalasi kali ini hanya digunakan untuk proses pembelajaran. Namun, tampilan yang ditampilkan kurang lebih sama dengan menginstal windows yang sesungguhnya. Jika kita belum mempunyai oracle VM Windows, maka kita harus mendownload dan menginstallnya terlebih dahulu sebelum menginstall windows. 
      
 Langkah-langkahnya sebagai berikut:

·         Menyiapkan laptop/pc yang akan kita gunakan 
·         Download virtualbox oracle yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan
·         Install virtualbox dan lakukan tahap berikutnya
·         Setelah diinstall, buka virtualbox dan isi setiap intruski yang diharuskan. Seperti terlihat pada gambar klik New
·         Jendela baru akan muncul dan isi sesuai dengan keinginan misalnya namanya windows 7 dan klik next.
·         Berikutnya seting memory atau RAM jika komputer atau laptop nya hanya mempunyai RAM sebesar 1GB maka isi dengan 512 dan jika RAM 2gb bisa di isi 1024 kemudian klik next untuk ke tahap selanjutnya. Dan ini bisa kita sesuaikan kembali di menu setting virtualbox.
·         Pilih yang create new hard disk untuk membuat virtual harddisk dan klik next.
·         Pada pilihan ini pilih saja Virtual harddisk yang dari virtualbox itu sendiri yaitu VDI kemudian klik next.
·         Ada dua pilihan untuk create new virtualdisk nya kita bisa saja memilih yang Dynamically allocated tapi biar kinerja nya lebih baik dan lebih cepat maka pilih saja yang fixed size.
·         Selanjutnya akan di bawa ke jendela baru yaitu menentukan besar kecilnya ukuran virtual harddisk yang akan di pakai, untuk ukuran instal windows 7 minimal sebesar 10GB, ukuran windows 7 saat di instal adalah sekitar 6GB. Setelah menentukan ukuran nya langsung klik next dan klik create untuk memulai membuat virtual harddisk tunngu sebentar sampai pembuatan selesai dan klik create kembali untuk penyelesaian mengatur pengaturan virtualbox baru.
·         Setelah pengaturan diatas selesai dilakukan, Jendela yang selanjutnya hanya memberikan informasi proses yang sudah kta lakukan yang berisi informasi tentang nama, tipe os, base memori, boot hardisk dari mesin virtual yang dibuat tadi, Dan klik create.
·         setelah itu klik 2 kali pada Windows & yang berwarna biru untuk langsung menginstall Windows 7
·         Selanjutnya akan muncul tampilan awal wizard, klik next
·         Disini kita memilih tempat dimana lokasi installer dari sistem operasi, bila menggunakan ISO silahkan pilih file ISO yang ada di my computer gan sekalian, bila menggunakan CD/DVD silahkan pilih Drive dari CD/DVD ROM. . Jika memilih iso tinggal klik gambar kecil dan cari di mana iso disimpan dan klik next
·         Windows 7 iso nya atau dvd windows 7 sudah di tempatkan selanjutnya yaitu klik tombol start untuk memulai instalasi windows 7.
·         Instalasi windows 7 segera dilakukan di virtualbox, pilih bahasa ke indonesia, kemudian klik next.
·         Kemudian klik install now untuk memulai menginstal windows 7
·         Setelah itu akan muncul gambar seperti di bawah ini kemudian pilih windows 7 ultimate
·         Centang kotak I accept the licence terms dan klik next
·         Selanjutnya pilih Custom (advance)
·         Jika virtual harddisk belum di format maka klik Drive Options untuk memformat partisi baru
·         Klik tombol New dan klik Apply untuk memulai format harddisk.
·         Nanti akan ada dua partisi yaitu yang pertama untuk partisi kurang lebih sekitar 100 MB untuk booting windows dan partisi kedua untuk instalasi windows 7, pilih partisi yang kedua atau partisi yang lebih besar.
·         Tunggu hingga proses peng-copy-an selesai. Dan nanti akan merestart secara otomatis dan kembali dengan proses instalasi nya atau completing installation, dan restart kembali secara otomatis dan setup terakhir akan muncul.
·         Proses instalasi tahap akhir dengan memberikan nama PC, password dan serial number windows 7 atau untuk activation serta yang lainnya.
.
·         Kemudian pilih use recommended seting saja untuk masalah update nantinya
·         Proses pengisian dan pengaturan windows 7 selesai  maka akan muncul windows 7 anda yang baru saja di instal di virtualbox.

·         Kemudian computer akan melakukan restart dan akan muncul gambar seperti ini. Installasi windows pun selesai.


Sebenarnya proses instalasi windows 7, windows xp, windows 8 langkahnya hampir sama yang dilakukan di virtualbox untuk laptop, netbook dan komputer, namun untuk windows 8 mungkin memerlukan spesifikasi komputer atau pc yang lebih tinggi dan memilik KVM atau virtualitation yang memadai untuk instal windows 8 di virtualbox.

·         Perbedaan antara Upgrade installation dan Custom installation

Terdapat kebingungan yang besar untuk istilah Upgrade for Windows 7. Jika anda membeli Windows Upgrade, anda harus memilih antara Upgrade dan Custom selama instalasi. Versi Upgrade hanya bisa dipilih jika anda pengguna Windows Vista. Semua program, dokumen, setting dan akun user akan tetap pada posisinya di sistem operasi baru. Jika anda bukan pengguna Vista, maka pilihlah Custom untuk fresh installation. Untuk pengguna XP yang ingin bermigrasi tanpa menghapus semuanya, maka anda bisa menggunakan Laplink's PCmover untuk mendapatkan hasil yang sama seperti jika memilih Upgrade installation.
Ingat bahwa setelah anda melakukan Custom installation maka file-file lama anda akan disimpan dalam sebuah folder bernama Windows.old.



·         Perbedaan dari Windows 86 bit dengan 64 bit
Sebenarnya untuk istilah dari sistem windows antara 86-bit dan 64-bit mengacu pada cara
prosesor komputer/PC (juga disebut CPU), yang akan menangani informasi. Untuk versi 64-bit Windows menangani sejumlah besar random access memory (RAM), tetapi untuk sistem yang lebih efektif menggunakan sistem 64 bit dibandingkan sistem 86 bit.


·         Kapasitas harddisk untuk menginstal windows 7

16 GB available hard disk space (32-bit)or 20 GB (64-bit) (harus tersedia 16GB Ruang kosong untuk sistem 32bit, dan 20GB Ruang kosong untuk sistem 64 bit


·         Tipe partisi selain primary

  1. Partisi Extended, partisi ini juga merupakan partisi utama pada harddisk. Partisi Extended berfungsi untuk mengatasi keterbatasan pembagian partisi. Partisi Extended tidak menangani pengolahan data secara langsung. Untuk dapat menggunakannya, kita harus menciptakan Partisi Logical terlebih dahulu. Bisa dibilang tipe partisi ini adalah partisi lain selain Partisi Primary.
  2. Partisi Logical, merupakan partisi sampingan yang terdapat pada partisi Extended. Partisi Logical mampu menampung berbagai macam file data.Contohnya drive :D, :E, :F, dan seterusnya pada Windows. Jadi, partisi Extended terdiri dari Partisi Logical.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar